Wednesday, November 24, 2010

Muhammad-Isa


Muhammad

Isa Al-Masih

KELAHIRAN MEREKA

Bapaknya adalah Abdallah; dan ibunya, Aminah. Dia dilahirkan dari hubungan ayah dan ibu bukan lahir secara mujizat (rohani). Kelahirannya tidak diwartakan oleh seorang malaikat, dan juga tidak lahir oleh Firman Allah. Dia lahir dengan cara yang biasa sama seperti kita, yaitu karena hubungan seorang ayah dan ibu.
Bapa-Nya bukan seorang manusia. Dia dikandung oleh Perawan Maryam tanpa hubungan dengan seorang lelaki, karena Allah meniupkan Roh-Nya di dalamnya. Hal ini berarti Isa Al-Masih adalah satu-satunya di seluruh dunia yang dilahirkan dari Kalimat (Firman) Allah dan Roh Allah. (Sura 4:171; 21:91; 66:12).

JANJI-JANJI ILAHI TENTANG MEREKA

Dalam Al Qur’an tidak tertulis bahwa Muhammad adalah Kalimat Allah yang berinkarnasi. Dia hanya mendengarkan Firman Allah dari seorang malaikat dan mengulanginya untuk para pendengarnya. Allah tidak memberitahukan kelahiran Muhammad kepada ibunya; dan juga Roh Allah tidak ditiupkan ke dalam Aminah. Nama Maryam dicatat 34 kali dalam Al Qur’an; tetapi nama ibunya Muhammad tidak dicatat sama sekali.
Janji-janji ilahi yang diberikan kepada Maryam ttg Al-Masih terdapat dalam Sura 3:45. Allah sendiri memberitahukan kepada Maryam tentang kelahiran Al-Masih dengan menyebut Isa “kalimat (yang datang) daripada-Nya”. Semua nabi mendengar Firman Allah dan menuliskannya dengan sungguh-sungguh. Bagi Al-Masih, Dia tidak hanya mende-ngar Firman Allah, tapi diri-Nya sendiri juga ada-lah merupakan inkarnasi Firman Allah yang agung.

KESUCIAN HIDUP MEREKA

Konon ketika Muhammad masih kanak-kanak, dua malaikat datang dan menyucikan hatinya. Ahli agama Islam mendukung cerita ini sebagaimana tertulis dalam Sura 94:1-3. Sejak itu, Muhammad mendapatkan gelar kehormatan al-Mustafa, “Orang Yang Terpilih.” Dia sendiri bukanlah orang yang suci dan benar, karena dua malaikat harus mengambil beban dari hatinya dan menyucikannya. Muhammad mengaku secara terbuka tiga kali dalam Al-Qur’an bahwa dia harus meminta pengampunan dari (Sura 40:55; 47:19; 48:1-2).
Al-Qur’an mengatakan bahwa Anak Maryam akan menjadi yang “paling suci” sejak saat Dia dilahir-kan (Sura 19:19). Ahli-ahli agama Islam al-Tabari, al-Baidawi, dan al-Zamakhshari setuju bahwa julukan “paling suci” berarti tidak bersalah dan tidak berdosa. Al-Qur’an bersaksi beberapa kali bahwa nabi-nabi tertentu telah berbuat dosa – ke-cuali Al-Masih, yang selalu hidup suci. Al-Masih dilahirkan dari Roh Allah; Dia adalah Firman Allah yang menjelma menjadi manusia, hidup penuh dengan kesucian sejak kelahiran-Nya.

INSPIRASI MEREKA

Beberapa kumpulan Tradisi (Hadits) menyebutkan bahwa setiap kali Muhammad mendapatkan inspirasi, Muhammad langsung menjadi seperti tidak sadar. Abu Huraira mengatakan, “Ketika inspirasi memasuki Muhammad, dia menjadi pucat pasi.” Dalam buku al-Rewaya, ada tertulis: “Wajahnya menjadi seperti depresi, dan matanya menjadi cekung. Kadangkala ia menjadi jatuh tertidur pulas sekali.” Menurut ahli agama Islam dan kesaksian-kesaksian mereka, Allah tidak berbicara langsung kepada Muhammad tetapi melalui malaikat Jibrail. Allah menjaga jarak dengan dia, bahkan pada saat datangnya inspirasi.

Inspirasi kepada Muhammad dalam Al- Qur’an dan dalam Hadits terkumpul dalam Syariat (Hukum Islam), yang memuat segala perintah agung dan larangan-larangan. Wujud akhir dari inspirasi kepada Muhammad berbentuk "buku-buku": Al-Qur’an and Hadits, yang semuanya terkumpul dalam Syariat.
Al-Masih tidak pernah menerima inspirasi melalui malaikat Jibrail atau pihak ketiga. Diri-Nya sendiri adalah kebenaran yang menjelma menjadi manusia (Sura 19:34), Firman Allah yang kekal. Al-Masih tahu segala rahasia di atas surga dan di bumi, karena Allah memberitahu Dia segala sesuatu yang telah ditulis dalam Kitab Surgawi (al-Lauh al-Mahfudh) (Sura 3:48). Jadi, Al-Masih dipenuhi oleh Firman Allah. Dia tidak mengucapkan kalimat lain selain kata-kata yang berasal dari Allah. Dia mengucapkan kalimat yang menenangkan dan memberikan petunjuk kepada ibu-Nya, segera setelah Dia dilahirkan (Sura 19:24-26).

Inspirasi kepada Al-Masih adalah “diri-Nya sendiri.” Injil-Nya bukanlah berbentuk suatu hukum melainkan pewahyuan atas kehidupan-Nya. Juga, Al-Masih memberikan para pengikut-Nya kuasa Roh Kudus, sehingga mereka dapat meme-nuhi perintah-perintah-Nya. Murid-murid-Nya tdk secara utama percaya pada suatu agama, dan mere-ka juga tidak hidup di bawah hukum; tetapi lebih dari itu, mereka percaya pada suatu pribadi. Mere-ka berpegang erat pada Al-Masih, dan mengikut Dia. Al-Masih itu sendiri adalah inspirasi Allah.

KEAJAIBAN-KEAJAIBAN MEREKA

Ahli agama Islam mengatakan bahwa keajaiban yang diberikan Allah kepada Muhammad adalah ayat-ayat Al-Qur’an dalam Sura. Dengan demikian, keajaiban dari Muhammad bukan dalam bentuk perbuatan tetapi dalam bentuk firman.

Muhammad diperintahkan malaikat untuk mencari petunjuk dari orang-orang yang membaca Kitab, agar dia dapat mengerti arti wahyu yang diberikan kepadanya: “Maka jika kamu berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu.” (Sura 10:94).

Setiap orang yang membandingkan keajaiban Muhammad dengan keajaiban Al-Masih menemukan bahwa tanda keajaiban dari Muhammad hanyalah berupa firman, di mana tanda keajaiban dari Al-Masih berupa keajaiban-keajaiban yang berbentuk perbuatan yang dilakukan atas dasar kasih dan rahmat.
Al-Qur’an bersaksi berulang kali mengenai kerja sama antara Allah, Al-Masih dan Roh Kudus. Tritunggal bekerja sama dalam kesatuan yang sempurna, melakukan keajaiban-keajaiban dari Al-Masih secara bersamaan. Al-Qur’an menggambar-kan karya-karya Al-Masih yang unik dan perbuatan penyembuhan yang agung (Sura 19:31) dan bahwa berulang kali Al-Masih membangkitkan orang mati (Sura 3:49; Sura 5:110). Al-Masih tidak mengutuk musuh-Nya, melainkan menunjukkan diri-Nya sebagai sumber kebaikan serta kasih dan rahmat kepada semua manusia (Sura 3:49; 5:110). Al-Masih menghembuskan nafas-Nya ke burung yang terbuat dari tanah dan burung tersebut menjadi hidup, sama seperti Allah menghembuskan nafas-Nya kepada Adam. Ini berarti Al-Masih memiliki Roh yang dapat memberi kehidupan dalam diri-Nya; Dia mampu menghembuskan hidup ke dalam benda mati (burung yang terbuat dari tanah) (Sura 3:49). Al-Masih menyiapkan makanan semeja penuh, yang diturunkan-Nya dari surga untuk mengenyangkan orang banyak di padang pasir (Sura 5:112-115).

Muhammad mengacu pada Isa Al-Masih dan mengatakan bahwa Al-Masihlah yang mengetahui rahasia manusia dan dapat melihat apa yang tidak terlihat; kemampuan-kemampuan seperti ini hanyalah dimiliki oleh Allah. (Sura 3:49).

KEMATIAN MEREKA

Dalam biografi mengenai sang Nabi, Ibn Hisham menulis bahwa Muhammad wafat setelah sakit karena demam yang tinggi. Sebelum kematiannya, Muhammad mengatakan bahwa racun dari bangsa Yahudi telah mematahkan hatinya. Ketika seorang budak wanita Yahudi memberikan racun pada makanan Muhammad, seorang tamu yang makan bersamanya meninggal! Muhammad sendiri merasakan racun dalam makanannya dan memuntahkannya sebelum dia telan. Namun demikian, tubuhnya telah menyerap sebagian dari racun tersebut, dan itu yang menyebabkan kematiannya.
Kematian Al-Masih dengan jelas diwartakan dalam Al-Qur’an, menggenapi rencana Allah sebagai berkat bagi segala umat manusia (Sura 3:55). Al-Masih tidak dibunuh secara tidak sengaja, tetapi mati secara suka rela sesuai dengan kehendak Allah, dalam kedamaian. Al-Masih tidak mati karena dosa-Nya sendiri, tetapi karena memikul dosa kita dan mati bagi kita. Ada kedamaian dan makna yang agung yang menyelubungi kematian-Nya, menurut Sura 19:33, karena Dia, Domba Allah, memikul dosa dunia dalam kasih-Nya.

KEJADIAN SETELAH KEMATIAN MEREKA

Muhammad dikuburkan di Medinah, dan kuburannya masih ada sampai sekarang. Orang Islam percaya bahwa rohnya menjadi perantara bagi mereka yang sudah meninggal (Barzakh), sambil menunggu Hari Penghakiman.
Allah memanggil anak Maryam keluar dari kuburan dan mengangkat Isa Al-Masih kepada-Nya (Sura 3:55; 4:158). Isa Al-Masih sekarang berdiam dekat Allah, sangat dihormati baik di bumi maupun dalam kekekalan (Sura 3:45). Kuburan Al-Masih telah kosong, karena Dia memang telah dibangkit-kan, seperti yang telah dikatakan-Nya sebelumnya. Karena hidup lebih besar daripada kematian, demi-kian juga Isa lebih besar daripada Muhammad. Isa berada di dalam kekekalan.

KEDAMAIAN MUHAMMAD DAN AL-MASIH

Setiap kali menyebutkan nama Muhammad, seluruh umat Muslim berdoa: “Kiranya Tuhan mendoakan dia dan memberi dia damai.” Doa mereka mengindikasikan bahwa damai Allah belum datang kepada Muhammad, walaupun para pengikutnya telah mendoakan dia selama berabad-abad! Muhammad adalah nabi yang secara terus-menerus membutuhkan campur tangan pengikut-nya, bukan sebaliknya. Al-Qur’an menyaksikan bahwa Allah sendiri, seluruh malaikat dan seluruh umat Muslim, harus mendoakan Muhammad dengan tekun untuk menyelamatkan dia pada hari penghakiman (Sura 33:56).

Muhammad memerintahkan lebih dari 16 kali untuk membunuh musuh-musuhnya, orang yang tidak percaya, dan orang yang keluar dari Islam (Sura 2:191; 4:89; 8:39; 9:5). Muhammad tidak membawa damai ke dunia tetapi peperangan. Dia mengutus pasukannya untuk menyerang dan perang suci lebih dari 30 kali. Dia sendiri turut serta dalam penyerangan dan ekspedisi sebanyak 29 kali. Setiap orang Islam yang mati dalam perang suci dijanjikan akan langsung diangkat ke surga. Muhammad mewajibkan setiap umatnya untuk berperang melawan musuh-musuhnya. (Sura 4:95,96; 25:52).
Dalam Sura Maryam, Al-Masih dituliskan berkata: “Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali.” (Sura 19:15). Putra Maryam adalah Pangeran Kedamaian yang hidup sebagai manusia biasa dalam damai dengan Allah dari mula hingga akhirnya. Tidak ada yang memisahkan Dia dari berkat kekal Allah. Al-Masih tidak mati untuk dosa diri-Nya, tetapi sebagai pengganti bagi dosa-dosa kita. Bahkan dalam kematian-Nya, Isa mengalami damai dengan Allah.

Walaupun Orang Yahudi menghukum Dia dengan kejam, tetapi Al-Masih yang rendah hati dan lembut tidak membela diri-Nya dengan pedang. Dia melarang pengikut-Nya untuk mengalirkan darah musuh-musuh-Nya (Mat 26:52). Setiap orang Kristen yang berperang dengan senjata yang mematikan untuk penyebaran Injil dan menumpah-kan darah orang lain berarti memberontak kehen-dak Tuhan. Dia akan diadili sebagai orang yang tidak taat pada perintah Pangeran Kedamaian. Hanya Al-Masih yang membangun kedamaian yang sejati tanpa perang dan pembunuhan. Al-Masih lebih suka mencurahkan darah-Nya yang berharga untuk menyelamatkan musuh-musuh-Nya, sehingga mereka tidak akan binasa. Dia bahkan berdoa untuk mereka: “Bapa ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat” (Lukas 23:34).

RAHMAT ALLAH

Muhammad dijuluki ‘rahmat’: “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi)
rahmat bagi semesta alam.” (Sura 21:107). Inspirasi kepada Muhammad dapat ditemukan dalam ayat-ayat Al-Qur’an, dalam berpuluh-puluh ribu deklarasi dalam Hadits, dan dalam tata cara kehidupan praktis dia sehari-hari (al-Sunna). Sumber-sumber ini disatukan dan dikompilasikan menjadi hukum Islam (Syariat), yang terdiri dari perintah-perintah dan larangan-larangan. Hukum ini mengatur segala aspek kehidupan umat Muslim. Kehidupan orang Islam diatur oleh Hukum Islam yang, menurut teologi Islam, adalah bukti nyata akhir dari rahmat Allah kepada orang Islam.

Kita baca di Al-Qur’an bahwa Allah menyebut Isa: “suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami” (Maryam 19:21). Injil mengingatkan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat dibenarkan karena menjalankan Hukum Taurat, karena tidak seorang pun sanggup untuk melakukannya dengan benar. Setiap orang yang taat beragama berharap untuk menerima pengampunan dari Allah. Tujuan utama Al-Masih adalah bukan untuk membuat suatu hukum yang menghukum manusia tetapi untuk menyatakan kasih (anugerah) Allah terhadap manusia berdosa dan untuk membenarkan mereka secara cuma-cuma. Tujuh ratus tahun sebelum kelahiran Al-Masih, Nabi Yesaya bernubuat bahwa seseorang akan datang sebagai ganti kita, menderita untuk kita di bawah murka Allah (Yesaya 53:4-6)

Al-Masih menyelamatkan para pengikut-Nya dari kutukan Hukum Taurat dan membebaskan mereka dari penghakiman Hari Kiamat. Dia telah mendamaikan Allah dengan manusia dan memberikan manusia damai sejahtera yang kekal.

TANDA DARI ALLAH

Isa dan ibu-Nya adalah tanda yang diberikan Allah kepada manusia (Sura 19:21; 21:91). Al-Masih tidak menerima sebutan unik “Tanda dari Allah” (Ayatollah) dari manusia, tetapi langsung dari Allah. Sebaliknya, tempat tertinggi dari Islam aliran Shi’ah hanya dapat diberikan pada pakar-pakar yang telah menerima gelar Ayatollah. Apa perbedaan antara Khomeini dan Al-Masih? Jurang antara kedua orang ini mustahil untuk dijembatani. Al-Masih menyembuhkan orang sakit, menyucikan orang kusta, membang-kitkan orang mati, memberi makan orang yang kelaparan, menghibur orang yang terkena musibah, mem-berkati musuh-musuh-Nya, menciptakan damai antara manusia dan Allah, dan menyelamatkan jutaan manusia dari kutukan Hari Penghakiman. Khomeini, sebaliknya, memimpin para pengikutnya kepada dua peperangan yang porak poranda di Irak dan Afghanistan, di mana jutaan orang Islam terbunuh, menjadi cacat, kehilangan rumah dan lingkungan hidup. Dia mengutuk setiap orang yang dia anggap musuh Islam. Khomeini dipilih oleh manusia sebagai tanda dari Allah kepada kaum Syiah yang kebanyakan bermukim di Iran. Tetapi Al-Masih adalah “Tanda dari Allah” yang sebenarnya bagi seluruh manusia.

SIAPAKAH YANG TERBESAR?

Muhammad mengalami beberapa penyiksaan di Mekah selama duabelas tahun. Tetapi setelah dia berimigrasi ke Medinah dalam tahun 622 M, segala sesuatunya menjadi berubah. Dia menjadi pemimpin yang sangat berpengalaman dalam politik, hukum dan peperangan. Dalam mata para pengikutnya, dia adalah kepala (Imam) dari seluruh umat percaya, dan Wakil Allah bagi kaum Muslim (al-Ummah).

Al-Masih merendahkan diri-Nya dan menyatakan bahwa Dia datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan banyak orang. Para pengikut Al-Masih tidak diharuskan untuk menderita baik di bawah Hukum Taurat maupun di bawah Syariat dari Muhammad. Mereka tunduk kepada rahmat dari Allah sebagaimana diungkapkan dalam Injil Al-Masih. Bahkan Al-Qur’an membenarkan hak istimewa yang unik ini kepada para pengikut Al-Masih (Sura 5:47). Siapa saja yang ingin mengerti Al-Masih harus merendahkan dirinya dan bertanya, Siapakah yang paling rendah hati? Al-Masih merendahkan diri-Nya dan memberikan diri-Nya sebagai tebusan bagi orang berdosa agar mereka dapat dibebaskan dari hukuman Allah, yang kemudian diubah menjadi orang yang percaya yang dipenuhi dengan kasih-Nya yang kekal.

No comments:

Post a Comment